PERBEDAAN DAGING SAPI & DAGING KERBAU

PERBEDAAN DAGING SAPI & DAGING KERBAU

Oleh: Puthut Setyo Wibowo (Pelaksana Kesmavet Dinas Peternakan Kabupaten Lebak

     Menurut SNI 3932:2008 tentang Mutu Karkas dan Daging Sapi, yang dimaksud dengan daging merupakan bagian otot skeletal dari karkas sapi yang aman, layak dan lazim dikonsumsi oleh manusia, dapat berupa daging segar, daging segar dingin, atau daging beku. Sedangkan menurut SNI 01- 3933-1995 tentang Karkas Kerbau, yang dimaksud dengan karkas kerbau adalah tubuh kerbau sehat yang telah disembelih, utuh atau dibelah membujur sepanjang tulang belakangnya, setelah dikuliti, isi perut dikeluarkan tanpa kepala, kaki bagian bawah dan alat kelamin kerbau jantan atau ambing kerbau betina yang telah melahirkan dipisahkan dengan/atau tanpa ekor.

     DAGING SAPI

     Daging Kerbau dan Daging Sapi merupakan jenis daging merah (red meat) yang merupakan sumber protein hewani bermutu tinggi yang perlu dikonsumsi oleh masyarakat baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan gizinya sehingga dapat tumbuh lebih sehat dan produktif. Secara penampilan fisik kedua jenis daging ini nampak mirip atau serupa namun apabila diperhatikan lagi secara seksama maka akan terlihat perbedaan yang amat jelas antara daging sapi dan daging kerbau. Masyarakat kabupaten Lebak secara kultur lebih menyukai konsumsi daging kerbau dibandingkan dengan daging sapi, dalam setiap hari besar keagamaan umat Islam menu makanan yang berasal dari daging kerbau lebih mendominasi di masyarakat dibandingkan dengan menu masakan yang berasal dari daging sapi. Tekstur daging Kerbau yang lebih liat dan kasar membuat daging kerbau menjadi pilihan bagi masyakat kabupaten Lebak karena tidak mudah hancur ketika dilakukan proses pemasakan yang lama dan lebih tahan lama ketika dilakukan proses pemasakan berulang (“dihangatkan”).

DAGING KERBAU

Untuk dapat membedakan kedua jenis daging ini, dapat diperhatikan berdasarkan ciri-ciri fisiknya yaitu sebagai berikut  :

1. Warna Daging
  Daging sapi memiliki warna merah pucat, sedangkan daging kerbau memiliki warna merah pekat yang cenderung agak gelap.
   
2. Serat Daging
  Daging Sapi memiliki serat yang lebih halus, sedangkan daging kerbau memiliki serat yang kasar dan terlihat jelas
   
3. Tekstur
  Tekstur daging kerbau lebih liat dibandingkan dengan tekstur daging sapi yang lebih empuk.

 

PERBEDAAN DAGING SAPI & KERBAU

 

Sumber:

Badan Standarisasi Nasional. 1995. SNI 01- 3933-1995 Karkas Kerbau. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standarisasi Nasional. 2008. SNI 3932:2008 tentang Mutu Karkas dan Daging Sapi. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Terkait

Komentari

Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas