PANDUAN PESTA PATOK (I) PADA DINAS PETERNAKAN KABUPATEN LEBAK

Oleh : Herman Edi Sunarso, S.Pt

Puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan  berkah, hidayah serta inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Pedoman Pesta Patok Tingkat Kabupaten Lebak yang dirangkum oleh pegawai dari Dinas Peternakan Kabupaten Lebak

Pesta Patok adalah suatu kegiatan Dinas Peternakan yang berada di lapangan terbuka  dalam kurun waktu selama beberapa hari yang didalamnya terdapat beberapa macam rangkaian kegiatan yaitu Kontes Ternak, Penilaian Kelompok Ternak Berprestasi, Pelayanan Kesehatan Hewan, Pameran Hasil Produksi Olahan, Eksebishi ternak unggul serta sarasehan peternakan yang terintegrasi dalam satu wadah kegiatan utama yang bernama PESTA PATOK. Ini merupakan kewajiban pemerintah untuk mendorong peternak agar semakin lebih maju dan inovatif. Pesta Patok ini sekaligus bisa menjadi ajang dialog dan pementasan ternak-ternak unggulan. Kata kuncinya adalah pemberdayaan sekaligus membangun silaturahim antar peternak berbagai daerah.

Eksibisi atau pementasan ternak unggul sudah ada strukturnya, tinggal bagaimana ini menjadi ajang pembelajaran bagi masyarakat yaitu ternak sebagai sumber protein hewan dan mempunyai nilai tambah secara ekonomi. Acara Pesta Patok juga sebagai bentuk apresiasi terhadap pelaku usaha  peternakan, pemerintah daerah dan asosiasi. Bentuknya bisa berupa Hadiah Kontes ternak dan piala bergilir atau kebijakan daerah yang mendukung program peternakan. Acara juga akan melibatkan kelompok atau himpunan mahasiswa pecinta ternak sebagai bagian dari penyelenggara acara agar semakin banyak generasi muda yang mencintai peternakan.

 

1. Pendahuluan

Dunia peternakan memiliki potensi besar yang belum sepenuhnya dikembangkan dan dieksplorasi. Karena itulah pemerintah berupaya mendorong kemajuan usaha peternakan melalui berbagai program salah satu program daerah  yang telah  dipersiapkan adalah Pesta Patok Ternak Tingkat Kabupaten. Tujuannya antara lain agar urusan hewan ternak dan pasca panennya digaungkan ke masyarakat dan menjadi lebih dikenal dan dipahami.

Sehingga diharapkan dari kegiatan ini  menggugah minat dan memotivasi serta mendekatkan masyarakat dengan pemerintah daerah dan stake holder melalui ajang promosi hasil hasil pembangunan  serta berinterksi langsung dalam lingkup dunia peternakan.

Dahulu, awal mula kegiatan pesta patok adalah dikumpulkannya beberapa ternak masyarakat dalam suatu lapangan terbuka lalu diberikan pengobatan secara gratis. Kegiatan ini berlangsung secara kontinyu dan kemudian dalam waktu pelaksannanya disisipkan kegiatan yang lainnya, seperti kontes ternak dan pameran lainnya, hingga terbentuklah Kegatan Pesta Patok yang seperti terlihat sekarang ini.

Pembangunan kegiatan ekspose hasil pembangunan peternakan telah dilakukan beberapa kali yakni di tahun 2010 di Rangkasbitung melalui seminar Nasional dan Kontes Ternak Kerbau , tahun 2012 Lomba Kelompok Peternak dan Kontes Ternak Kerbau di Kecamatan Sajira, Tahun 2014 Kontes Ternak Kerbau Tingkat Propinsi yang berlokasi di Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak . Ternyata kegiatan tersebut memberikan dampak positip di masyarakat. Oleh karena itu, pada tahun 2017 diselenggarakan kembali kegiatan Kontes Ternak bersamaan dengan Festival Sawarna untuk mempromosikan hasil hasil peternakan dan Pariwisata di Kabupaten Lebak.

Seiring dengan perkembangan tehnologi dan waktu yang terus bekembang, maka dunia peternakan juga mengalami perubahan baik dari sisi sumber daya dan juga tehnologi. Untuk itulah pementasan pesta Patok sesara keseluruhan menjadi ajang kekinian dari sisi wajah dunia peternakan, khususnya di wilayah Kabupaten Lebak.

 

2. Materi kegiatan PESTA PATOK

  • Lomba Kelompok Peternak untuk Kelompok Ternak besar ( Sapi, Kerbau ) dan untuk Kelompok Ternak Kecil ( Domba, Kambing ) untuk masing masing 3 Kelompok Peternak Sapi/Kerbau dan 3 Kelompok Peternak Domba/Kambing.
  • Kontes Ternak terdiri Kontes Ternak Pejantan Bibit dan Betina Bibit
  • Eksebisi ( Pameran ) Ternak ternak Kambing, Domba, Sapi dan Kerbau
  • Sarasehan/Diskusi Peternakan
  • Ekspose Hasil IB Ternak Kerbau
  • Sosialisasi Program SIWAB ( Sapi Indukan Wajib Bunting )
  • Demonstrasi Pelaksanaan IB pada Ternak Kerbau
  • Pameran hasil hasil peternakan
  • Pelayanan Kesehatan /Pengobatan Ternak secara gratis

 

  1. Tema

2.1 Tema Pesta Patok  dua tahunan atau tiga tahunan ini adalah :

Melalui Kegiatan Pesta Patok kita tingkatkan Kualitas Bibit Ternak dan Daya Saing Peternakan. (contoh)

Dengan Pesta Patok  rakyat berdaulat (contoh)

Melalui Pesta Patok kita tingkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat (contoh)

 Membuat tema yang berisi penjelasan keinginan yang akan dicapai dengan kegiatan tersebut serta mencakup kebijakan strategis yang saat itu sedang ramai menjadi bahan pembicaraan publik.

2.2 Logo Pesta Patok.

Logo pesta patok yang berisi gambar-gambar atau karikatur atau photo yang menjadi simbol kegiatan pesta patok itu.

 

  • Video Pesta Patok

Video Pesta Patok Dibuat Dengan Durasi Kurang dari Satu menit, agar dapat di share atau disebarluaskan melaui media sosial yang menjelaskan secara singkat mulai dari rangkuman kegiatan awal Pesta Patok hingga akhir acara tersebut berakhir.

 

  • Lokasi Khusus pemotretan Pesta Patok

Setiap momen yang sedang terjadi biasanya menampilkan lokasi pemotretan yang menjelaskan secara khusus kegiatan ini dilaksanakan. Pesta Patok ini, bisa juga dibuat Booth atau pojok pemotretan dengan menampilkan dekorasi dan konten-konten yang berkaitan dengan Pesta Patok.

 

  • Kaos Pesta Patok

Kaos atau baju seragam pesta patok dibuat untuk memeriahkan dan menjelaskan berisi beberapa pesan penting melalui baju/seragam yang berupa gambar atau tulisan tentang tema Pesta Patok. Warna kaos Pesta Patok tidak menggambarkan unsur-unsur politis dan biasanya dibuat berdasarkan warna yang netral

 

  • Cindera Mata/ Souvenir

Dalam suatu kegiatan yang bersifat massal dan mengundang banyak masyarakat umum, lebih baik lagi mempersiapkan cindera mata yang spesifik seperti patung kerbau mini yang terbuat dari kayu, gantungan kunci kepala kerbau yang terbuat dari kayu atau lonceng yang biasanya dikalungkan pada leher kerbau atau ternak lainnya.

 

  1. Tujuan dan Sasaran.
  • Tujuan Pesta Patok
  1. Menumbuhkan minat masyarakat untuk mengembangkan usaha di bidang peternakan
  2. Memotivasi dan menstimulasi peternakan dalam menghasilkan bibit ternak berkualitas
  3. Meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap kegiatan pembibitan dan usaha peternakan.
  4. Menumbuhkan kelembagaan kelompok yang mandiri dan mempunyai nilai tambah

 

  • Sasaran Pesta Patok.
  1. Menumbuhkan dan berkembangnya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha di bidang Perbibitan dan agribisnis peternakan
  2. Termotivasinya para peternak dalam menghasilkan bibit ternak berkualitas dengan stimulan yang diberikan.
  3. Tumbuhnya kebanggaan masyarakat terhadap kegiatan Peternakan mulai dari hulu hingga hilir.
  4. Masyarakat dan kelompok peternakan serta pihak lain yang yang memfokuskan pada kegiatan peternakan baik hulu sampai hilirnya.

 

 

<

p style=”text-align: justify;”> 

Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas