MENGATASI DAN MENGUSIR LALAT PADA PETERNAKAN SAPI

MENGATASI DAN MENGUSIR LALAT PADA PETERNAKAN SAPI

Disusun oleh : Iqin Zaeni M, S.Pt

Populasi lalat di area peternakan biasanya akan mengalami peningkatan yang sangat drastis pada musim penghujan. Tidak hanya mengganggu, keberadaan lalat-lalat ini pun dapat menimbulkan serangan penyakit pada binatang ternak. Lalu, bagaimana cara mengatasi dan mengusir lalat yang mengganggu di peternakan sapi tersebut.

Kondisi kandang ternak tentu berpengaruh besar terhadap eksistensi lalat-lalat di dalamnya. Semakin kotor kandang tersebut, artinya semakin banyak pula sumber pangan yang bisa dimakan oleh lalat untuk mendukung kehidupannya. Jadi, Anda harus senantiasa membersihkan kandang secara rutin.

Untuk memberantas lalat-lalat yang sudah bersarang, bisa dilakukan dengan beberapa metode berikut ini.

  1. Kertas antilalat

Ini merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk menangkap lalat-lalat yang membandel. Kertas antilalat berbentuk kertas dilapisi lem perekat sangat kuat di permukaannya. Lem tersebut mempunyai aroma khusus yang dapat mengundang lalat untuk datang menghampirinya. Begitu lalat hinggap di atas kertas ini, ia tidak akan dapat meloloskan diri karena kakinya sudah menempel sangat kuat dengan lem.

  1. Obat kimia semprot

Kalau Anda mempunyai waktu yang cukup banyak untuk menyemprot lalat, gunakan saja obat kimia khusus. Lalat yang terkena semprotan obat ini akan langsung jatuh dan mati. Namun, pastikan obat-obat tersebut aman bagi kesehatan sapi.

  1. Bahan organik alami

Anda bisa membuat sendiri obat alami untuk memberantas lalat. Siapkan biji mahoni, kemudian tumbuk sampai menjadi serbuk halus. Masukkan hasil tumbukan tersebut ke mangkuk dan tambahkan tembakau. Tuangkan air panas ke mangkuk, lalu aduk supaya tercampur merata. Setelah suhu air menjadi dingin, saringlah untuk diambil airnya saja. Setelah itu, tambahkan sampo untuk memperkuat efek racun cairan sekaligus sebagai perekat. Anda bisa menyemprotkan cairan ini langsung ke arah lalat.

  1. Bakar-bakaran sampah

Setidaknya terdapat dua faktor utama yang memengaruhi jumlah populasi lalat di kandang sapi, yaitu ketersediaan pakan dan kelembapan udara. Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, Anda sebenarnya hanya perlu membakar sisa pakan sapi. Jangan pernah biarkan sisa pakan tersebut menumpuk di salah satu sudut kandang. Bakarlah secara rutin sisa pakan tersebut di dalam kandang sapi sekaligus untuk membunuh larva-larva lalat dan meningkatkan suhu udaranya. Namun Anda harus berhati-hati jangan sampai api merembet ke struktur bangunan yang justru akan mengakibatkan kebakaran.

5. Lem Kayu Putih

Cara ini sangat mudah dan murah. Yaitu menggunakan Lem kayu putih diantaranya merk Lem Fox Putih. Prinsip kerjanya adalah lem digunakan sebagai perekat sehingga lalat terjebak dan mati. Caranya, oleskan lem putih pada lidi, kemudian letakkan lidi di sekitar kandang, bisa dengan ditancapkan pada gedebok pisang sehingga lidi bisa tegak berdiri dan mudah ditancapkan. Lalat yang hinggap akan terjebak dan akan menarik perhatian lalat yang lain.

 

Foto: Dokumen Pribadi

Daftar  Pustaka :

https://badungkab.go.id/instansi/diperpa/baca-artikel/543/Mengatasi-dan-Mengusir-Lalat-Pada-Peternakan-Sapi.html

https://artikel.rumah123.com/7-cara-mengusir-lalat-yang-sangat-mudah-dan-terbukti-ampuh-

Terkait

Komentari

Surel Anda tetap rahasia. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *
Anda boleh menggunakan label dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas