Mencairkan Daging Beku (Thawing)di Rumah dengan Aman dan Tepat

Mencairkan Daging Beku (Thawing)di Rumah dengan Aman dan Tepat

Oleh : Puthut Setyo Wibowo (pelaksana kesmavet dinas peternakan kab. Lebak)

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga di rumah dan saling bersilaturahmi, di hari spesial tersebut umumnya kita akan menyajikan menu yang spesial pula, bahan olahan favorit dan sering menjadi pusat perhatian masyarakat dan pemerintah adalah daging. Hampir seluruh masyarakat menyajikan berbagai macam menu yang berbahan dasar daging seperti opor, rendang, gulai ataupun semur daging rasanya menjadi menu wajib sebagai pendamping ketupat yang spesial disajikan untuk keluarga di hari yang fitri.

Sudah menjadi tradisi harga daging segar lokal akan melonjak tinggi di hari-hari tersebut sehingga belakangan daging beku menjadi pilihan masyarakat untuk diolah menjadi menu-menu spesial karena memiliki harga yang jauh lebih murah. Untuk daging segar mungkin tidak memerlukan perlakuan khusus sebelum diolah lebih lanjut namun untuk daging beku perlu perlakuan khusus sebelum diolah yaitu perlu dicairkan (thawing), banyak masyarakat yang masih belum paham tentang cara thawing daging beku yang tepat, contohnya ada yang mencairkan daging beku dengan merendam di dalam air panas memang cara ini terbilang cepat namun akan merusak kandungan protein dalam daging tersebut.

Agar kualitas daging beku tidak berubah, maka ketika hendak diolah atau dimasak perlu diperhatikan cara mencairkan (thawing) daging beku dengan baik dan benar. Beberapa cara yang tepat untuk mencairkan daging beku sebagai berikut.

 

  1. Mencairkan Dalam Lemari Es (chiller)
  • Pindahkan daging beku dari freezer ke refrigerator (suhu 00C – 40C)
  • Waktu yang diperlukan untuk mencairkan 0,5 kg daging beku adalah + 5-8 Jam
  • Tanda daging sudah mencair sempurna bila sudah tidak tampak bunga es

   

 

  2. Mencairkan Dengan Merendam Dalam Air Dingin

  • Bungkus daging beku dalam plastik dengan rapat
  • Letakkan daging beku dalam wadah yang dapat menampung seluruh permukaan daging
  • Isi wadah dengan air dingin dan pastikan seluruh daging beku tenggelam
  • Ganti air setiap 30 menit, untuk mencairkan 0,5 kg daging beku dibutuhkan waktu 1 jam

 

 

  3. Mencairkan Dengan Microwave

  • Daging beku dapat dicairkan dengan menggunakan microwave yang memiliki fitur defrost untuk mencairkan daging beku
  • Setelah dicairkan dengan microwave sebaiknya langsung diolah karena dapat menyebabkan sebagian daging mungkin sudah termasak saat dipanaskan dengan microwave dan untuk menghindari berkembangnya mikroorganisme.

 

Daftar Pustaka :

Soeparno.  1994.  Ilmu dan Teknologi Daging.  Ed Ke-2.  Yogyakarta: UGM Press.

Widarto et al. 2014. Daging Ayam ASUH (Dingin/Beku). Jakarta: Direktorat Kesmavet dan Pasca Panen Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI.

Terkait

Komentari

Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas