MANFAAT MINUM SUSU SAAT SAHUR & BERBUKA PUASA

MANFAAT MINUM SUSU SAAT SAHUR  & BERBUKA PUASA

Oleh : Puthut Setyo Wibowo (Pengelola Program Keswan & Kesmavet Dinas Peternakan Lebak)

 

Marhaban ya Ramadhan, umat Muslim menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Dalam bulan suci Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa, puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Rangkaian ibadah puasa diawali dengan makan sahur. Sahur adalah sebuah istilah yang merujuk kepada aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa. Makan sahur menjadi sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi yang baik dan lengkap bagi tubuh agar tetap fit saat menjalankan aktivitas sehingga ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar.

Minum susu saat sahur sangat dianjurkan untuk bisa melengkapi asupan nutrisi bagi tubuh karena susu merupakan sumber protein hewani yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti protein, kalori, vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta dalam menjaga kesehatan. Kandungan protein dan kalori  dalam susu dapat membuat tubuh semakin bugar dan memiliki cadangan energi yang bisa dimaksimalkan tubuh untuk tetap bugar dan berenergi selama menjalankan ibadah puasa, selain itu dengan adanya cadangan energi dalam tubuh membuat kita bisa lebih kuat untuk menahan lapar.

Kandungan vitamin dalam susu seperti vitamin A dan vitamin B memiliki peran yang penting bagi tubuh terlebih saat berpuasa, vitamin B mendukung proses metabolisme lemak dan glukosa sehingga cocok sekali bagi yang berpuasa dan menjalani program diet. Vitamin D dalam susu berguna untuk mendukung proses penyerapan kalsium yang bisa memperkuat tulang dan gigi.

Namun  yang perlu diperhatikan, meskipun susu memiliki nutrisi yang lengkap tapi belum bisa untuk memenuhi asupan nutrisi harian kita sehingga saat sahur idealnya perlu mengkonsumsi makanan lain sebagai sumber karbohidrat (nasi/roti), serat (sayur & buah) dan protein (lauk hewani/nabati). Sebagai gambaran jika kita meminum susu satu gelas atau sekitar 250 ml, maka kita mendapatkan sekitar 300 miligram kalsium. Jumlah ini hanyalah sekitar sepertiga kebutuhan kalsium harian. Selain itu, kandungan protein di dalam susu hanyalah 8 gram, masih jauh di bawah kebutuhan protein harian yang mencapai 50-60 gram. Kita masih membutuhkan makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi demi membantu tubuh tetap berenergi seharian selama berpuasa. Jika sahur hanya minum susu saja maka asupan nutrisi tubuh masih kurang dan bisa membuat kita mudah lapar dan lemas saat menjalankan aktivitas.

Bagaimanakah bila kita meminum segelas susu saat berbuka ? hal ini ternyata bisa memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh karena kandungan kalori dalam segelas susu dapat cepat mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa. Nah melihat berbagai manfaat di atas maka tidak ada salahnya kalau kita mencoba untuk rutin meminum susu saat sahur dan berbuka puasa, ayo konsumsi susu yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

 

Daftar pustaka  :

Terkait

Komentari

Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas