Jenis- Jenis Penyakit Yang Menyerang Ayam Ras Petelur, Dan Tindakan Pencegahannya Bagian 1 Chronic Respiratory Disease (CRD)

Jenis- Jenis Penyakit Yang Menyerang Ayam Ras Petelur, Dan Tindakan Pencegahannya Bagian 1 Chronic Respiratory Disease (CRD)

Disusun oleh : Iqin Zaeni M, S.Pt

Ayam petelur merupakan ayam yang riskan terserang penyakit. Hal tersebut dikarenakan masa hidup ayam sampai berproduksi relatif panjang dan produktivitasnya yang tinggi menyebabkan ayam mudah mengalami stress sehingga mudah terserang penyakit.

Penyakit pada ayam petelur dapat dikategorikan berdasarkan sumber penyakitnya antara lain yaitu : Penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit luar/dalam, jamur, lingkungan dan kekurangan salah satu unsur nutrisi.  Berikut ini adalah penyakit yang sering menyerang peternakan ayam petelur :

Ngorok. Salah satu ciri CRD

  • Penyebab :  Bakteri Mycoplasma Galliseptiucum
  • Gejala Klinis :  Sering tidak terlihat jika tidak ada komplikasi, sesak nafas, ngorok keluar cairan eksudat dari hidung/mulut.
  • Patologi anatomi :  Air sac (kantong udara) keruh dan peradangan saluran pernafasan atas
  • Diagnosa banding :  Snot, kolera, ND, dan IB.
  • Faktor predisposisi :  Litter terlalu kering, berdebu atau lembab, kadar amoniak dalam kandang tinggi, ventilasi jelek, kepadatan tingi, dan pertumbuhan terlalu cepat.
  • Penularan :  Vertikal (induk ke anak), petugas kandang, peralatan, hubungan langsung dengan uggas sakit, dan air minum.
  • Pencegahan :  Bioscurity secara teratur, ventilasi cukup, sanitasi air minum, kepadatan baik, mencegah tamu keluar masuk kandang, manajemen pemeliharaan yang baik, dan sistem all in all out.
  • Pengobatan :  Doksisiklin, Erythromycin, Kakamycin, Enrofloksasin, ciprofloksasin, dan
  • Kerugian :  Angka kematian 1-30%, angka pengafkiran tinggi, biaya pengobatan tinggi, pertumbuhan terhambat, kekebalan turun (mudah masuk kolibasilosis, ND, dll).

 

Daftar Pustaka

Prof. drh. Charles Rangga Tabbu, , MSc., Ph.D., 2000. Penyakit Ayam dan Penanggulangannya. Kanisius. Yogyakarta

 

Terkait

Komentari

Surel Anda tetap rahasia. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *
Anda boleh menggunakan label dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berita
Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas