Produksi Unggas Kabupaten Lebak Meningkat Hingga 6 Juta Ekor per Musim

Produksi Unggas Kabupaten Lebak Meningkat Hingga 6 Juta Ekor per Musim

Kabupaten Lebak memiliki potensi dalam jenis usaha unggas potong karena kemudahan dalam berinvestasi dan iklim kondusif serta aman bagi para pengusaha yang ingin berinvestasi di Kabupaten Lebak, Banten. Pada saat ini produksi unggas potong di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mencapai enam juta ekor per musim panen dalam masa 40 hari sehingga bisa memasok ke luar daerah di antaranya Jakarta, Bogor dan Tangerang.

Hasil produksi saat ini meningkat dibandingkan dengan hasil produksi sebelumnya yang hanya mencapai empat juta ekor per musim sehingga dapat meningkatkan pendapatan para peternak. Para peternak yang berperan sebagai peternak plasma telah menjalin kemitraan terhadap perusahaan inti seperti PT Anwar Sierad, Padma dan Pofan yang merupakan perusahaan-perusahaan dengan nilai investasi terbesar bagi peternakan unggas di Kabupaten Lebak.

Semua hasil produksi dari peternak unggas plasma ditampung oleh perusahaan inti dengan harga yang cukup bagus di pasaran. Berkembang pesatnya peternak-peternak unggas di Lebak berpotensi untuk dapat mendongkrak pendapatan ekonomi warga setempat serta mampu memasok kebutuhan pasar lokal dan juga kebutuhan luar daerah.

Dari peternakan tersebut juga menyerap tenaga kerja yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah. Diperkirakan dari peternakan plasma ini dapat menyerap tenaga kerja mencapai 4.000 orang. Jumlah peternakan plasma di Kabupaten Lebak mencapai 1.000 kandang dan setiap kandang diisi sekitar 5.000 sampai 7.000 ekor unggas.

Dari jumlah peternakan tersebut maka para peternak plasma di Kabupaten Lebak dapat memperoleh penghasilan hingga Rp65 juta per kandang dengan asumsi harga daging di pasaran sekitar Rp25.000 per kilogram. Pendapatan itu tentunya akan menguntungkan para peternak plasma dan diperkirakan dapat memperoleh keuntungan hingga 40 persen.

Pemerintah daerah juga terus mendorong para peternak plasma untuk dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi daerah. Peningkatan pendapatan masyarakat Kabupaten Lebak akan mempengaruhi daya beli masyarakat shingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lebak.

Pemerintah juga akan memberikan kemudahan dalam proses perizinan jika ada pihak yang ingin berinvestasi di Kabupaten Lebak untuk menarik investor agar mau berinvestasi di wilayah Kabupaten Lebak.

Pembinaan juga akan terus dilakukan kepada sejumlah peternak unggas agar memperhatikan kesehatan unggas dan kebersihan kandang shingga terhindar dari penyakit serta tidak mendapatkan penolakan dari warga. Secara nasional produksi unggas potong pada tahun 2014 ini diperkirakan mencapai 24 juta ton hingga 24,5 juta ton. Jumlah ini tumbuh sebesar 11,62-13,95 persen dari produksi tahun 2013 lalu yang hanya sekitar 21,5 juta ton.

Sumber: beritadaerah.co.id

Terkait

Komentari

Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan

Kerbau : Rp. 4,5jt
Sapi : Rp. 9jt

Harga Komoditas